Konservasi Hutan Mangrove untuk Kehidupan Masyarakat Pesisir sekarang dan akan datang.

Menurut para Ahli Hutan Mangrove memiliki Peranan yang sangat penting. Dari sudut ekosistem, orang melihat kegunaan secara utuh. Termasuk Daerah Littoroal pantai dan sekitarnya. Untuk berbagai keperluan dan kesejahteraan Manusia disamping menjaga lingkungan secara Umum. Sedangkan dari dari sudut Komponenya, beberapa bagian Tumbuhan Mangrove sudah lama didaya gunakan Manusia, baik untuk keperluan lokal maupun sebagai bahan Industri.

Secara Local Mangrove, telah dipergunakan sebagai sumber makanan, bahan Obat, dan bahan untuk keperluan Rumah Tangga (Cruz 1979; Budiman & Kartawinata 1986).

Pandangan Para Ahli tentang Manfaat Mangrove di atas, sangat penting di kembangkan Kota Ternate. Karena Mangrove yang dikenal sebagai Hutan Bakau ini, sesungguhnya memiliki asas Manfaat yang sangat penting bagi kehidupan Masyarakt sehari-hari, baik Masyarakat yang tinggal di Kawasan Hutan Mangrove maupun yang jauh dari Kawasan Hutan Mangrove.

Manfaat Mangrove lain adalah Pencegah abrasi Pantai (Pengikisan Tanah Akibat Air Laut),

Dan di fase ini kegiatan Konservasi Hutan Mangrove telah dikembangkan di Kota Ternate, oleh sekolompok anak Muda yang Tergabung di Komunitas Peduli Mangrove Konservasi Mangrove ini bertujuan untuk Kelestarian dan Menyelamatkan Masayarakat di Pesisir Pantai untuk Kehidupan hari ini dan akan datang.

Dan Pesisir Pantai Kota Ternate hari ini mulai Rusak akibat Abrasi. disebabkan karena Reklamasi Pantai yang dilakukan. dan kerusakan kawasan Pantai, juga mempunyai pengaruh terhadap kondisi sosial Ekonomi Masyarakat yang hidup didalam maupun sekitarnya.

dan Kegiatan konservasi Hutan Mangrove di Kota Ternate yang dilakukan Oleh Komunitas Peduli Mangrove yang sementara ini dilakukan di Kelurahan Rua Kecamatan Pulau Ternate, sebagai upaya menyelamatkan dan Melestarikan. Olehnya itu diharapkan agar Pemerintah Kota Ternate dan Masayarakat sekitar Pesisir ikut bersama-sama Konservasi Mangrove di Kota Ternate. Sebagai wujud untuk Keberlangsungan Kehidupan Masyarakat Sehari-hari.

Powered by Blogger.