Mangrove solusi Ancaman Abrasi.

Konservasi Mangrove di Kota Ternate, adalah gerakan yang dilakukan oleh sekelompok Pemuda yang membentuk dan menamakan Komunitas Peduli Mangrove 'KPM Kota Ternate'. Kegiatan Penanaman Mangrove yang dilakukan oleh Komunitas Peduli Mangrove yang diketuai oleh Ekal Fahmi Kapita ini, adalah langkah yang Peduli terhadap Lingkungan dan upaya menyelamatkan masyarakat yang hidup di Pesisir Pantai. 

Pesisir pantai di Kota Ternate Sebut saja Ternate di beberapa Kelurahan Kecamatan Pulau Utara, Selatan, dan Moti. Adalah bagian yang kena dampak dari Reklamasi Pantai yakni Abrasi. Menurut cermatan kami Bahwa lima belas sampai dua puluh Tahun mendatang Abrasi Pantai ini akan semakin tak terselamatkan, akibat dari tingginya Permukaan Air laut.

Namun kesadaran Pemda Daerah sangatlah kecil sebab pantauan kami sampai hari ini gerakan untuk mangatasi Abrasi pantai tidak terlalu signifikan dilakukan. hal ini terjadi pula dikalangan Masyarakat hampir sebagian dari mereka tidak menyadari bahwa Bahaya Abrasi pantai adalah ancaman buat keberlangsungan Hidup Mereka di Pesisir Pantai.

Lemahnya Kesadaran Pemda, dan Masyarakat bukanlah satu alasan melainkan satu hal yang Realistis menurut kami harusnya di peringatkan. Olehnya itu upaya untuk memperigatkan yang di lakukan oleh kami adalah Gerakan Konservasi Hutan Mangrove. Karena menurut Kami mencegah abrasi secara Konvensional bukan hanya pemecah gelombang, ini tak cukup jika tidak di ikut sertakan dengan Konservasi Hutan Mangrove. Karena Mangrove yang di kenal sebagai Hutan Bakau ini, adalah langkah taktis untuk mencegah Abrasi yang paling Tepat. 

Tentunya Mangrove bukan hanya menjaga Stabilitas Garis Pantai, tanaman dengan segala manfaat ini memilki asas Manfaat yang Kompelek. Dari fungsi yang mengurangi dampak Bencana Alam Tsunami, Mangrove juga memilki fungsi membantu menjaga Keseimbangan alam. serta manfaat buat masyarakat Nelayan adalah, tanaman Mangrove akan menjadi habitat alami berbagi Spesies seperti Kepiting, Burung, beberapa Jenis ikan dan lain-lain.

Dan upaya Konservasi Mangrove oleh Komunitas Peduli Mangrove, Kota Ternate. yang di lakukan saat ini di kelurahan Rua Kecamatan Pulau Ternate, menuai harapan ke berbagai pihak salah satunya Pemerintah Kota Teranate, agar mau bekerjasama dalam upaya Konservasi Hutan Mangrove di Kota Ternate. Sebagai langkah mengatasi masalah Abrasi Pantai.

Powered by Blogger.